Total Tayangan Halaman

Rabu, 02 Maret 2011

Jenis-jenis cybercrime

Berikut ini adalah jenis-jenis cybercrime yang marak terjadi:
1.      Penipuan Lelang On-line
a)      Cirinya harga sangat rendah (hingga sering sulit dipercayai) untuk produk - produk yang diminati, penjual tidak menyediakan nomor telepon, tidak ada respon terhadap pertanyaan melalui email, menjanjikan produk yang sedang tidak tersedia. Pada beberapa kasus, harga yang ditawarkan cukup tinggi tetapi skema pelelangan sangat mencurigakan.
b)      Resiko Terburuk adalah pemenang lelang mengirimkan cek atau uang, dan tidak memperoleh produk atau berbeda dengan produk yang diiklankan dan diinginkan.
c)      Teknik Pengamanan yang disarankan adalah menggunakan agen penampungan pembayaran (escrow accounts services) seperti www.escrow.com dengan biaya sekitar 5% dari harga produk. Agen ini akan menyimpan uang Pembeli terlebih dahulu dan mengirimkannya ke Penjual hanya setelah ada konfirmasi dari Pembeli bahwa barang telah diterima dalam kondisi yang memuaskan. Untuk para pengguna jasa Forum Jual Beli Kaskus dapat menggunakan jasa RekBer.
2.      Penipuan Saham On-line
a)      Cirinya tiba - tiba Saham Perusahaan meroket tanpa info pendukung yang cukup.
b)      Resiko Terburuk adalah tidak ada nilai riil yang mendekati harga saham tersebut, kehilangan seluruh jumlah investasi dengan sedikit atau tanpa kesempatan untuk menutup kerugian yang terjadi.
c)      Teknik Pengamanan antara lain www.stockdetective.com punya daftar negatif saham - saham.
3.      Penipuan Pemasaran Berjenjang On-line
a)      Berciri mencari keuntungan dari merekrut anggota, menjual produk atau layanan secara fiktif.
b)      Resiko Terburuk adalah ternyata 98% dari investor yang gagal.
c)      Teknik Pengamanan yang disarankan adalah jika menerima junk mail dengan janji yang bombastis, lupakan saja dan hapuslah pesan itu.
4.      Penipuan Kartu Kredit (kini sudah menular di Indonesia)
a)      Berciri, terjadinya biaya misterius pada tagihan kartu kredit untuk produk atau layanan Internet yang tidak pernah dipesan oleh kita.
b)      Resiko Terburuk adalah korban bisa perlu waktu yang lama untuk melunasinya.
c)      Teknik Pengamanan yang disarankan antara lain gunakan mata uang Beenz untuk transaksi online, atau jasa Escrow, atau jasa Transfer Antar Bank, atau jasa Kirim Uang Western Union, atau pilih hanya situs - situs terkemuka saja yang telah menggunakan Payment Security seperti VeriSign.
 
Sumber : http://yogyacarding.tvheaven.com/cyber_crime_tugas_besar_dunia_ti_indonesia.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar